Editing OpenStreetMap dengan JOSM

Sekarang kita telah memetakan blok bangunan dengan OpenStreetMap. Kita telah mempelajari bagaimana menggunakan GPS dan Field Papers untuk survey suatu wilayah, dan bagaimana kita dapat menggunakan JOSM untuk mengedit titik, garis, dan poligon yang membentuk peta kita.

Pada bab ini kita akan kembali sekali lagi ke JOSM dan melihat beberapa konsep baru yang belum kita bahas sejauh ini.

Layer JOSM

Jika Anda telah mengikuti sejauh ini, Anda telah memperhatikan bahwa kita dapat menambahkan berbagai jenis hal-hal yang berbeda di dalam JOSM. Kita dapat mendownload data OSM, menambahkan citra satelit Bing, membuka trek dan waypoint GPS, dan menambah Field Papers - semua yang telah ditampilkan di dalam jendela peta JOSM.

Anda mungkin telah memperhatikan bahwa setiap waktu Anda dapat menambahkan sesuatu yang baru ke JOSM, tambahan item telah ditambahkan ke panel Layers pada sisi kanan JOSM. Tergantung pada apa yang telah Anda buka, panel Layers Anda mungkin terlihat seperti ini:

Layers panel

Setiap item dalam daftar ini merupakan sumber data yang berbeda yang Anda telah buka pada jendela peta Anda. Pada contoh ini, “Data Layer 1” adalah data OpenStreetMap yang kita edit. “Field Papers” adalah layer yang telah dibuat ketika kita menambahkan Field Paper kita ke dalam JOSM.

Jika Anda menambahkan citra satelit Bing, sebuah layer baru akan muncul di panel Layers bernama “Bing Sat”.

Gagasan layer sering kali sulit dipahami. Cara yang terbaik untuk membayangkan ini adalah bahwa setiap layer seperti sepotong semi-transparan kertas, dan mereka semua ditumpuk di bagian atas satu sama lain. Setiap potongan kertas memiliki jenis tertentu dari informasi mengenai itu, dan mereka dapat disusun kembali dengan cara apapun yang Anda suka.

Layer-layer yang telah digunakan sebagai referensi, seperti citra satelit, trek GPS, dan Field Papers sering kali disebut “base layers”. Layer data OSM adalah layer yang benar-benar Anda bekerja dengannya.

  • Untuk memindahkan sebuah layer, klik pada layer tersebut di panel Layer dan klik ke arah atas atau bawah untuk memindahkannya.

    Layers up down

  • Untuk menghilangkan sebuah layer, pilih layer dengan mouse Anda dan klik tombol Show/Hide:

    Layers show hide

  • Anda seharusnya melihat layer yang Anda telah pilih menghilang pada jendela peta. Klik Show/Hide kembali, dan ini akan muncul kembali.
  • Anda dapat menghapus sebuah layer dengan memilihnya dan menggunakan tombol delete:

    Layers delete

  • Terakhir, ini penting untuk mengetahui bahwa Anda hanya dapat mengedit layer yang dianggap aktif oleh JOSM. Jika Anda tidak dapat mengedit peta di dalam jendela peta Anda, ini mungkin karena Anda tidak memiliki layer yang aktif. Kebanyakan layer, seperti titik GPS, Field Papers, dan citra satelit, tidak dapat diedit. Satu-satunya layer yang dapat diedit adalah data dari OpenStreetMap, yang biasanya bernama “Data Layer 1”.
  • Untuk membuat layer aktif, pilihlah pada panel Layer, dan klik pada tombol Activate:

    Layers activate

Menggunakan Data GPS dan Field Papers

Pada bab sebelumnya kita melihat bagaimana cara mengumpulkan data dengan sebuah GPS dan Field Papers, dan bagaimana membukanya di dalam JOSM sebagai sebuah layer.

Setelah Anda mensurvey dengan salah satu tool ini, Anda tetap perlu menambahkan informasi ke dalam OpenStreetMap secara digital.

Anda melakukan ini dengan proses yang sama yang telah Anda pelajari sebelumnya - download, edit, simpan. Perbedaannya adalah alih-alih hanya menggunakan citra satelit sebagai layer dasar, Anda juga dapat menggunakan data GPS Anda, Field Papers, catatan, atau kombinasi dari mereka semua.

  • Sebagai contoh, mari asumsikan Anda memiliki waypoint GPS Anda sebagai layer latar belakang di JOSM, Anda telah menyimpan sebuah waypoint pada GPS Anda dengan nama 030, dan Anda telah menulisnya di dalam buku catatan Anda bahwa 030 adalah sebuah sekolah. Untuk menambahkan titik ini ke dalam OpenStreetMap, Anda akan memilih alat menggambar, dan klik dua kali di bagian atas titik 030 pada jendela peta Anda. Hal ini akan membuat sebuah titik. Kemudian pergi ke menu Preset, dan cari preset untuk sekolah. Masukan nama sekolah dan klik “Apply Preset”. Lakukan hal yang sama untuk menambahkan garis dan poligon.

    GPS in JOSM

Tag

Ketika Anda menggambar sebuah titik, garis, atau poligon, memiliki lokasi, tetapi tidak ada informasi tentangnya. Dengan kata lain, kita tahu dimana lokasinya, tetapi tidak tahu apa informasinya. Sekarang, kita telah menggunakan item dari menu Preset untuk mendefinisikan apa itu. Cara OpenStreetMap untuk mengetahui objek apa dengan menggunakan tag.

Sebuah tag adalah seperti sebuah label yang Anda dapat letakkan ke suatu objek. Misalnya, jika kita menggambar sebuah persegi, ini hanya sebuah persegi. Tetapi ketika kita menambahkan atribut untuk mendeskripsikannya: persegi ini adalah sebuah bangunan; nama bangunan adalah “Menara Thamrin”; bangunan 16 tingkat.

Anda dapat menambahkan sebanyak tag yang Anda inginkan ke sebuah objek. Tag disimpan sebagai sepasang teks, bernama key dan values. Di OpenStreetMap, tag ditulis di atas sesuai faktanya:

  • building = yes
  • name = Menara Thamrin
  • building:levels = 16

Jika Anda memilih sebuah objek di JOSM, Anda dapat melihat semua teks yang dilampirkan ke objeknya pada panel Properties di sebelah kanan.

Properties panel

Mengedit Tag

Anda dapat menambah, mengedit, dan menghapus tag dari panel Properties. Namun, tag secara manual dalam bahasa Inggris dan kadang-kadang dapat membingungkan, sehingga sering lebih mudah menggunakan menu Preset. Ketika Anda menambah atau mengubah tag, atribut objek berubah.

  • Untuk mengedit tag objek, pertama pilih objeknya.
  • Kemudian edit tag dengan salah satu dari dua cara: (1) Menggunakan menu Preset, atau (2) mengedit tag secara langsung di jendela Properties di sebelah kanan.

Kesalahan Umum: Men-tag node ketika Anda ingin men-tag garis atau poligon. Ketika Anda mengedit atribut

pada titik, pertama Anda akan memilih titik dan kemudian menambahkan tag melalui menu Preset atau secara langsung di panel Properties. Kesalahan umum adalah ketika menambahkan atribut ke sebuah garis atau poligon. Ketika memilih objek, hal terpenting adalah Anda memilih garis, dan BUKAN pada titik-titik yang membentuk garis.

Hal ini sering terjadi karena editor menggunakan tool Select pada JOSM untuk menggambar sebuah persegi sekitar objek, yang menyebabkan segalanya, baik garis dan node terpilih, dan ketika Anda menambah tag mereka diterapkan ke node juga. Pastikan Anda hanya memilih garis ketika Anda ingin menambah tag ke objek.

Nodes mistake

Menyimpan file OSM

Ketika Anda mengedit di JOSM, merupakan ide yang bagus untuk mendownload, mengedit, dan mengupload perubahan dalam waktu yang cukup singkat. Anda tidak ingin mendownload data selama satu hari, dan kemudian menunggu hingga beberapa hari kemudian untuk mengupload hasil editan Anda. Bagaimana apabila orang lain mengedit pada wilayah yang sama dalam waktu yang sama? Ini akan menyebabkan kesalahan dan konflik.

Jangan takut untuk mengupload editan Anda sesering mungkin. Hal ini memastikan bahwa perubahan Anda akan disimpan ke dalam database dan Anda tidak akan kehilangan hasil kerja keras Anda.

Jika Anda bekerja di wilayah tunggal, itu adalah ide yang bagus untuk mendownload data peta setiap kali Anda ingin mengedit, pada kasus lain pengguna telah membuat perubahan pada wilayah tersebut.

Meskipun Anda harus selalu mencoba untuk mendownload data OSM ketika Anda siap untuk mengedit, dan upload perubahan Anda sesering mungkin, terdapat kasus dimana Anda ingin menyimpan data OSM pada komputer Anda. Misalnya, jika Anda memiliki konektivitas ke internet, Anda mungkin berharap untuk mendownload data, menyimpannya, mengedit, dan kemudiam mengupload perubahan Anda nanti.

  • Untuk menyimpan file OSM, pastikan bahwa itu adalah layer aktif di panel Layers. Klik “File” pada menu bagian atas, dan klik “Save”. Pilih lokasi untuk menyimpan file dan berilah nama. Anda juga dapat menyimpan dengan mengklik tombol ini:

JOSM save button

  • Anda sekarang dapat menutup JOSM dan data Anda akan tersimpan. Ketika Anda ingin membuka file itu kembali, buka JOSM kembali, kemudian pergilah ke menu “File”, dan klik “Open…”

Ringkasan

Pada bab ini kita melihat sedikit lebih dekat dengan antarmuka JOSM dan belajar mengenai layer dan tag. Anda sekarang harus memiliki pijakan yang kokoh dalam bagaimana membuat peta dan bagaimana mengedit OpenStreetMap.

Pada sesi terakhir panduan ini kita akan melihat sumber informasi lain yang Anda dapat pelajari pada saat Anda melangkah ke depan. Ketika Anda berlatih apa yang telah Anda pelajari disini dan mengeksplorasi lebih lanjut, Anda akan mendapatkan lebih baik dalam membuat peta dengan OpenStreetMap.

CC0
Official HOT OSM learning materials