Relasi

Dalam Panduan Tingkat Dasar kita telah menjelaskan bahwa terdapat tiga jenis objek yang dapat digambar di OpenStreetMap - titik (node), garis (way), dan poligon (closed way). Garis berisi banyak titik, dan garis itu sendiri membawa atribut yang mendefinisikan apa yang diwakilinya. Poligon adalah sama seperti garis, kecuali garis yang harus menyelesaikan dimana ini dimulai untuk membentuk poligon.

Pada faktanya, kita berbohong pada Anda, karena terdapat satu jenis objek lain di OpenStreetMap, bernama relasi. Dengan cara yang sama bahwa garis terdiri dari titik lainnya, relasi berisi kelompok objek lainnya, seperti titik, garis, atau poligon. Jika Anda mencari untuk meningkatkan keterampilan mengedit Anda, kemudian memahami dan mengetahui bagaimana mengedit relasi yang penting.

Contohnya, bayangkan bahwa Anda ingin memetakan sebuah bangunan yang memiliki halaman di tengahnya. Anda perlu untuk menggambar sebuah poligon disekitar luar bangunan, dan Anda ingin poligon lain di sekitar halaman untuk mengindikasi mereka bukan bagian dari bangunan. Ini adalah sebuah contoh relasi. Relasi berisi beberapa poligon - dan atribut bangunan yang akan dilampirkan ke relasi, bukan poligon.

multipolygon demo

Relasi digunakan untuk mewakili apapun yang memerlukan kumpulan objek untuk didefinisikan. Contoh lain adalah rute bus (kumpulan garis), objek panjang dan kompleks (sungai atau jalan), atau beberapa poligon yang semuanya bagian dari satu lokasi (seperti bangunan di dalam universitas).

Terdapat empat jenis relasi utama Anda akan hadapi di OSM: Multipoligon, Rute (Routes), Batas (Boundaries), dan Larangan (seperti tidak boleh berbelok ke kiri). Pada sesi ini kita akan membahas Multipoligon dan Rute.

Membuat Relasi Multipoligon

Mari kita lihat bagaimana membuat relasi multipoligon seperti yang ditunjukkan di atas.

  • Pertama, menggambar poligon Anda. Dalam kasus ini kta akan menggambar tiga poligon, sebuah persegi panjang terluar, dan dua persegi panjang terkecil.

multipolygon ways

  • Pilih semua poligon. Ingatlah Anda dapat memilih beberapa objek dengan menahan SHIFT dan mengklik pada masing-masing objek.
  • Pergilah ke Presets->Man Made->Man Made->Building.

building preset

  • Klik pada “New Relation”.

new relation

  • Anda seharusnya saat ini melihat jendela relasi. Ini sedikit kompleks karena saat ini Anda menambahkan tag ke kumpulan garis.

building relation

  • Perhatikan bahwa pada bagian atas panel adalah tag untuk relasi. Tag ini bekerja dengan cara yang sama seperti tag selalu bekerja.
  • Di bagian bawah adalah daftar anggota relasi. Relasi ini memiliki tiga anggota - yaitu tiga cara yang merupakan bagian dari relasi kita.
  • Kita perlu melakukan beberapa hal untuk menyelesaikan penjelasan multipoligon kita. Pertama, perhatikan bahwa karena kita meggunakan preset bangunan maka kita sudah memiliki satu tag yang terdefinisi, building=yes. Kita perlu menambahkan lebih dari satu tag yang mendefinisikan jenis relasi. Kita harus menambahkan tag yang bernama type=multipolygon.
  • Klik pada kotak tag dan menambahkan tag ini.

type multipolygon

  • Selanjutnya kita perlu mendefinisikan apa yang disebut dengan peran. Setiap anggota relasi memiliki peran, yang menunjukan tujuan dari anggotanya. Dalam kasus ini, peran poligon luar harus didefinisikan sebagai outer dan peran dua poligon terdalam harus didefinisikan sebagai inner. Ini adalah peran yang ada untuk anggota multipoligon.
  • Pada panel kiri bawah pilih masing-masing anggota di daftar. Anda dapat melihat anggota yang terpilih akan disorot pada jendela peta. Masukkan outer dan inner untuk poligon yang benar.

outer inner

  • Klik OK dan relasi multipoligon Anda telah selesai!

new multipolygon

Ketika Anda membuat sebuah multipoligon seperti ini akan dirender pada peta seperti:

multipolygon mapnik

Multipoligon dapat digunakan untuk objek yang kompleks yang membutuhkan poligon inner dan outer, seperti bangunan atau sungai dengan tambalan tanah di dalamnya. Informasi mengenai multipoligon lebih detai dapat ditemukan di OSM Wiki.

Relasi Rute

Relasi juga sangat berguna untuk mewakili rute panjang. Contohnya, rute bus atau sepeda mengikuti berbagai segmen jalan. Untuk menentukan rute seperti itu, kita dapat membuat relasi yang berisi semua segmen jalan yang merupakan bagian dari rute. Fitur tambahan, seperti pemberhentian bus juga dapat menjadi anggota relasi rute.

route relation

Mari kita lihat bagaimana membuat relasi untuk rute bus di JOSM:

  • Pertama, pilih semua jalan yang membentang di sepanjang rute. Anda perlu memotong beberapa jalan menjadi segmen terpisah jika hanya sebagian dari mereka memiliki relasi. Anda dapat melakukan ini menggunakan tool “Split Way”.
  • Kemudian semua segmen terpilih, pergilah ke Presets->Transport->Public Transport-> Public transport route.

public transport preset

  • Selanjutnya untuk jenis Rute, pilih “bus”.
  • Klik “New Relation.” Anda akan melihat jendela relasi muncul, hanya seperti ketika Anda membuat multipoligon.

bus route relation

  • Perhatikan bahwa terdapat tag yang mendefinisikan relasi sebagai rute. Bahkan dari type=multipolygon, kita memiliki type=route. Kita juga memiliki sebuah tag yang mendefinisikan sebagai rute bus, sebagai lawan jenis rute lain.
  • Anda saat ini berpikir, apa peran dari anggota? Dalam kasus ini, rute kita tidak perlu mendefinisikan peran anggota. Dengan meninggalkan peran kosong perangkat lunak mengetahui bahwa mereka hanyalah bagian dari rute. Kita juga dapat mendefinisikan peran setiap segmen sebagai rute, tetapi itu tidak perlu.
  • Klik OK dan relasi rute Anda akan selesai!
Jika Anda ingin daftar semua relasi di dalam peta, Anda dapat membuka panel relasi
dengan mengklik pada tombol ini di bagian kiri:   ![relation panel button][]   Ini akan membuka sebuah panel dimana Anda dapat memilih, mengedit, dan membuat relasi baru.

Ringkasan

Relasi dapat sulit dipahami dan tidak perlu digunakan terlalu sering, tetapi mereka perlu tahu tentang ini. Begitu sering Anda gunakan mungkin menyadari bahwa Anda perlu sebuah relasi untuk memetakan sesuatu dengan benar, dan Anda dapat menggunakan pengetahuan ini, dan menemukan informasi lebih lanjut pada Wiki OSM, untuk membantu Anda memetakan relasi dengan tepat.

CC0
Official HOT OSM learning materials