Proses Mengedit dengan JOSM

Pada sesi sebelumnya Anda telah menginstal JOSM dan memulai menggambar titik, garis, dan poligon pertama Anda. Anda telah menambahkan preset ke objek tersebut, ini untuk melampirkan informasi mengenai objek tersebut. Pada akhirnya, Anda dapat menggambar peta Anda sendiri di JOSM.

Ini merupakan praktek yang baik, dan sekarang kita siap untuk mengedit OpenStreetMap.

Pada sesi ini kita akan melihat lebih dekat pada antarmuka JOSM, dan lihat bagaimana kita dapat menggunakannya untuk mengedit peta di dalam OpenStreetMap.

Tahapan Mengedit

Mengedit OpenStreetMap dengan JOSM mirip dengan mengedit dengan iD editor kita lihat sebelumnya. Namun karena JOSM adalah aplikasi desktop, pekerjaan ini sedikit berbeda. Proses mengedit dan menambahkan ke OpenStreetMap dengan JOSM yang tahapannya sebagai berikut:

  1. Download data peta yang langsung dari OSM
  2. Edit ini menggunakan citra satelit, GPS, Field Papers, dan panduan
  3. Save perubahan ke OpenStreetMap

Mendownload Data OSM

Langkap pertama mengedit adalah mendownload data untuk area yang akan kita tambahkan. Perhatikan bahwa Anda perlu melakukan ini setiap waktu sesuai dengan keinginan Anda untuk melakukan perubahan pada peta, karena peta ini sering kali diperbarui oleh pengguna lain.

  • Klik pada “File” di pojok kanan atas JOSM dan klik “Download from OSM”. Ini akan membuka jendela download. Anda dapat mengakses jendela ini lebih mudah dengan mengklik pada tombol download, seperti ini:

    JOSM Download Button

  • Ketika jendela download terbuka, Anda akan melihat peta dengan kotak berwarna merah muda yang tergambar di dalamnya. Jika Anda tidak melihat peta, klik pada tab “Slippy map”.

    JOSM Download Dialog

  • Kotak berwarna merah muda merupakan area peta yang akan kita download untuk mengedit. Gunakanlah mouse Anda untuk menggeser dan menggeser dan memperbesar ke area yang Anda ketahui dengan baik, seperti tempat tinggal Anda atau lingkungan sekitarnya. Kontrol sama dengan jendela peta JOSM. Tombol kanan mouse berguna untuk menggeser peta, dan roda gulir Anda berguna untuk memperbesar dan memperkecil peta.

Biasanya jika Anda bekerja menggunakan komputer notebook akan lebih sulit untuk menggulir peta. Bekerja di JOSM lebih mudah apabila Anda menggunakan mouse, tetapi sekarang notebook lebih modern memungkinkan Anda untuk menggulir peta menggunakan touchpad.

  • Gambarlah kotak disekitar area yang Anda ingin download. Untuk menggambar kotak baru, klik pada peta, tahan tombol kiri mouse ke bawah, dan geser mouse Anda untuk membuat sebuah kotak. Lepaskan tombol mouse untuk mengakhiri menggambar kotak.
  • Apabila kotak yang Anda buat sudah benar dengan ukuran dan lokasi kotak, klik “Download” di bagian bawah jendela. JOSM akan mendapatkan data untuk area ini dari OpenStreetMap dan membukanya di jendela peta Anda untuk mengedit.

Menambahkan Citra Satelit

Jika Anda telah ikuti bersama ketika kita telah menambahkan titik pertama kita dengan iD editor, Anda ingat bahwa di bawah data peta terdapat citra satelit yang dapat membantu kita untuk mengidentifikasi objek di permukaan. Citra satelit ini berasal dari Microsoft Bing, yang dengan murah hati menyediakan citra satelit ini untuk para pengguna OpenStreetMap sebagai referensi sementara dalam berkontribusi untuk pemetaan.

  • Untuk menambahkan citra satelit Bing di JOSM, klik “Imagery” di bagian menu atas JOSM dan pilihlah “Bing Sat”.

Jika pada menu Imagery Anda tidak muncul Bing Sat, Anda perlu mengaktivasinya di dalam pengaturan JOSM. Pergilah ke Edit -> Preferences dan klik pada ikon “WMS TMS”. Anda perlu mengklik pada panah bawah untuk menemukannya.
JOSM Preferences up down JOSM Preferences WMS TMS
Klik pada “Bing Sat”. Kemudian klik “Activate”.

Mengenal JOSM lebih jauh

Kita telah mendownload data OpenStreetMap dan menambahkan citra satelit Bing, mari kita lihat antarmuka JOSM.

JOSM layout

Jendela utama yang sudah Anda kenal - ini adalah jendela peta, dan dimana sebagian besar kegiatan berlangsung. Disini Anda akan melihat, mengedit, dan menambahkan ke data OpenStreetMap.

Pada bagian kanan pada jendela peta adalah serangkaian panel, masing-masing memiliki fungsi tersendiri. Biasanya ketika Anda pertama kali menginstal JOSM beberapa panel yang akan ditampilkan dengan pengaturan standar, seperti Layers, Properties, dan Selection. Ketika Anda memilih sebuah titik, garis, atau poligon di dalam jendela peta, ini akan ditampilkan pada panel Selection. Informasi mengenai objek yang akan ditampilkan pada panel Properties, dan nama pengguna dari pembuat objek yang akan ditampilkan di panel Authors.

Panel ini dapat dibuka atau ditutup dengan mengklik berbagai tombol pada sisi kiri bawah JOSM. Di atas tombol-tombol ini pada kanan atas adalah alat untuk mengubah apa yang Anda dapat lakukan dengan mouse Anda. Anda sudah akrab dengan beberapa dari mereka, Select tool dan Draw tool. Di bawah mereka adalah alat-alat yang membuatnya lebih mudah untuk memperbesar, menghapus sebuah objek, menggambar sebuah poligon, atau membuat sebuah garis yang sejajar dengan garis lainnya.

Edit

Jadi kita telah melengkapi satu langkah proses mengedit - Mendownload. Kita telah mempersiapkan JOSM dengan citra satelit sebagai referensinya. Langkah selanjutnya adalah mengedit peta dan menambahkan objek baru.

Tergantung pada area yang Anda pilih untuk mendownload, mungkin terdapat banyak atau sangat sedikit data peta yang ada. Tetapi perhatikan bahwa itu adalah jenis data yang sama yang kita lihat sebelumnya - titik, garis, dan poligon yang mewakili lokasi kehidupan nyata.

  • Menggunakan cara teknis yang Anda telah pelajari untuk menambah titik ke peta wilayah yang Anda ketahui. Jika Anda melihat suatu kesalahan, cobalah untuk memperbaikinya.
  • Anda tidak perlu terburu-buru pada saat mempelajarinya. Jika Anda tidak yakin mengenai sesuatu yang lebih baik untuk meninggalkannya seperti ini.
  • Jika Anda ingin memindahkan sebuah titik, garis, atau poligon, menggunakan select tool. Klik pada sebuah objek dan menggesernya ke tempat yang seharusnya. Hal ini dapat digunakan untuk memperbaiki lokasi objek yang telah dimasukkan ke tempat yang salah.

    JOSM select tool

  • Gunakan draw tool untuk menggambar titik, garis, dan poligon baru. Deskripsikan objek tersebut dengan memilihnya dari menu Presets, karena Anda telah melakukannya di bab sebelumnya.

Jangan mengedit peta di luar area yang telah Anda download. Anda dapat melihat area persegi yang telah Anda download dengan memiliki latar belakang yang gelap, sementara area Anda yang belum terdownload memiliki garis diagonal.
JOSM area downloaded

Menyimpan Perubahan

Langkah ketiga dan terakhir untuk menyelesaikan hasil editan kita adalah untuk mengupload perubahan yang telah kita buat di database OpenStreetMap. Untuk menyimpan perubahan, kita harus terkoneksi dengan internet.

  • Klik “File” di menu atas, dan kemudian klik “Upload Data”. Hal ini akan membuka jendela upload. Anda dapat mengakses jendela ini secara lebih sederhana dengan mengklik pada tombol upload, seperti di bawah ini:

    JOSM Upload Button

  • Jendela yang muncul menunjukan daftar objek yang Anda telah tambahkan dan objek yang Anda modifikasi atau menghapusnya. Pada kotak di bagian bawah Anda diminta untuk memberikan komentar mengenai perubahan yang telah Anda buat. Ketik di sini mengenai deskripsi hasil editan Anda.

    JOSM Upload Dialog

  • Klik “Upload Changes”
  • Jika ini adalah penyimpanan perubahan pertama Anda ke OpenStreetMap, Anda akan diminta memasukan nama pengguna dan kata sandi Anda.
  • Masukan nama pengguna dan kata sandi Anda di dalam jendela yang muncul. Jika Anda mencentang kotak di jendela ini, nama pengguna dan kata sandi Anda akan disimpan dan Anda tidak perlu untk memasukan mereka lagi nantinya. Klik “Authenticate”.

    JOSM Authenticate

  • Anda perlu menunggu beberapa detik untuk menlihat perubahan Anda yang telah diupload, dan selesai! Anda telah mengedit peta di dalam OpenStreetMap.

Ketika Anda mengedit, pastikan untuk mengupload perubahan Anda sebelum Anda menutup JOSM. Bahkan jika Anda telah mengedit lebih banyak, mengupload perubahan Anda, kemudian ulangi langkah ini apabila Anda memiliki waktu untuk mengedit. Jika Anda tidak ingin kehilangan pekerjaan Anda!

Melihat Perubahan Anda Di Peta

  • Buka browser internet Anda dan pergilah ke http://openstreetmap.org/
  • Pindahkan peta ke area yang Anda telah edit.
  • Anda seharusnya dapat melihat perubahan Anda yang akan muncul di peta! Jika tidak, coba menekan CTRL+R untuk merefresh halaman situs. Biasanya peta tidak memperbarui dengan sempurna dan perlu dimuat ulang.
  • Bagaimana jika Anda tidak melihat perubahan Anda? Jangan khawatir - mungkin diperlukan beberapa menit untuk perubahan yang akan ditampilkan pada peta. Kemudian, periksa penambahan Anda di JOSM untuk memastikan bahwa yang Anda tambahkan benar. Aturan umum yang baik adalah jika titik Anda memiliki ikon di JOSM, kemudian hal ini seharusnya terlihat di peta utama pada situs OpenStreetMap.

Ringkasan

Sekarang Anda telah melihat bagaimana cara menambahkan informasi ke OpenStreetMap. Mengedit sangat bagus, tetapi hal ini tidak hanya aspek dalam pembuatan peta. Tentu Anda juga perlu mempelajari bagaimana pergi keluar melakukan survey lapang dan mengumpulkan informasi mengenai lokasi.

Pada bab selanjutnya kita akan mempelajari mengenai dua metode - GPS dan Field Papers, yang akan digunakan untuk mengumpulkan data geografi. Informasi dari keduanya dapat diimport ke dalam JOSM, dan digunakan untuk mengedit peta.

CC0
Official HOT OSM learning materials