Menempatkan Peta di dalam Situs dengan MapBox

Mungkin ada saatnya ketika Anda ingin menempatkan sebuah peta ke dalam situs. Terdapat banyak cara untuk melakukan ini, dan apa yang Anda pilih tergantung pada kebutuhan Anda. Pada bab ini dan selanjutnya, kita akan melihat pilihan desain yang populer untuk menyiapkan peta di situs.

Timbal balik selalu akan menjadi kemudahan vs fungsi. Metode yang akan kita pelajari di bab ini amat sederhana, tetapi menyediakan kontrol yang terbatas mengenai bagaimana Anda dapat menampilkan peta Anda. TileMill, perangkat lunak yang akan kita pelajari di bab selanjutnya, berpengaruh sangat kuat, tetapi akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menguasainya.

Prinsip-prinsip Peta Web

Prinsip dasar peta web adalah tiles. Kita akan berbicara banyak tentang tiles di bab ini, sehingga kita mengerti apa arti dari tiles itu sendiri. Peta web “slippy” dibuat dari banyak gambar peta dengan piksel 256x256 dan disambung bersama-sama.

map tiles

Tiles peta ini dibuat dengan tingkat perbesaran yang berbeda. Setiap tingkat perbesaran mencakup skala peta yang berbeda pula. Ini memungkinkan pengguna untuk memperbesar dan memperkecil peta. Ketika pengguna menggeser peta, tingkat perbesaran akan tetap sama, tetapi tiles baru dimuat untuk memberikan gambaran tentang pergeseran yang tanpa batas.

Sistem peta web berbasis tile dinamakan TMS, atau Tile Map Service.

Ada beberapa cara untuk menjadi host tiles secara online, tetapi cara termudahnya adalah menggunakan sebuah pelayanan hosting online seperti MapBox. Ini adalah sebuah pelayanan dimana Anda dapat membuat akun, mengupload tiles Anda, dan dengan mudah memasukkan peta ke dalam situs Anda. Pada bab ini, kita akan mempelajari bagaimana memulai MapBox dan bagaimana memasukkan peta kita ke dalam halaman situs dengan mudah.

Penggunaan MapBox

MapBox adalah sebuah platform yang didesain dan dibuat semudah mungkin untuk mendesain dan menampilkan peta yang disesuaikan dengan keinginan di dalam situs Anda.

  • Untuk memulai MapBox, kunjungi http://mapbox.com/ dan klik “Sign Up”. Terdapat pilihan harga yang berbeda Anda dapat memilihnya ketika mendaftar ke MapBox - semakin besar harga yang diplih maka kapasitas penyimpanan dan tampilan peta Anda semakin banyak. Untuk saat ini, Anda mendaftar akun secara gratis,kebutuhan yang disediakan lebih dari cukup untuk memulainya.

  • Perhatikan bahwa akun Anda menyetujui untuk “hibah MapBox secara non-eksklusif, kelas dunia, bebas royalti, dan dapat dipindahtangankan dan berlisensi (dengan hak untuk mensublisensikan), menggunakan, menyalin, cache, mempublikasikan, menampilkan, mendistribusikan , memodifikasi, membuat tiruan, dan menyimpan seperti Konten Pelanggan dan memungkinkan orang lain untuk melakukannya (“Lisensi Konten”) untuk menyediakan Layanan” (Syarat-syarat Layanan). Anda mungkin tidak ingin menggunakan data yang bersifat pribadi/atau sensitif.

mapbox plans

  • Setelah Anda mendaftar Anda perlu mengkonfirmasi akun Anda dengan mengklik tautan MapBox yang ada di dalam inbox email Anda. Kemudian Anda dapat membuat peta.

  • Setelah Anda login, klik “New Map” untuk membuat sebuah peta.

new map

  • Hal ini akan membuat sebuah proyek baru dimana Anda dapat mengedit bentuk tampilan peta.

![new project][]

  • Perbesar ke area yang ingin ditampilkan dan sesuaikan pengaturan di panel sebelah kiri. Anda dapat mengubah warna jalan, wilayah, air, dan permukaan dengan mengklik pada pengaturan warna disebelah setiap itemnya.

color settings

  • Sekarang untuk pengendali di sebelah kiri. Jika Anda bergerak ke tab “Info”, Anda dapat mengedit beberapa pengaturan pada peta Anda.

  • Jika Anda bergerak ke tab penanda, Anda dapat membuat penanda pada peta Anda untuk mengidentifikasi lokasi tertentu. Untuk menambahkan sebuah penanda ke peta klik “Place” dan klik di atas peta.

place marker

  • Perhatikan bahwa setiap kali Anda mengedit sebuah pengaturan, gambar peta di sebelah kiri akan memuat ulang perubahan yang telah Anda buat. Untuk bantuan lebih rinci tentang bentuk tampilan peta, Anda mengunjungi bantuan MapBox di http://mapbox.com/help/#creating_a_new_map.
  • Anda dapat menyimpan peta Anda dengan mengklik tombol “Save”.

Menambahkan Peta ke Situs Anda

  • Untuk menambahkan peta di dalam situs Anda, Anda akan mendapatkan tautan penambahan dengan mengklik pada “Embed”. Ketika Anda copy dan paste html ke dalam situs Anda, peta akan disimpan disini yang akan ditampilkan pada jendela di dalam situs Anda.

Jika Anda memiliki situs yang dibangun di atas CMS umum, mungkin terdapat plugin MapBox di dalam sehingga Anda dengan mudah untuk menambahkan peta ke dalam situs Anda.

MapBox dalam WordPress

Memasukkan peta Anda ke dalam situs Anda sangatlah mudah dengan menggunakan WordPress. Cukup mencari plugin MapBox dan menginstalnya. Plugin dapat ditemukan di http://wordpress.org/extend/plugins/mapbox/.

wordpress plugin

Plugin ini akan memungkinkan Anda untuk menyalin html embed ke dalam WordPress dan memungkinkan Anda menambahkan peta ke postingan Anda dengan mudah.

MapBox dalam Drupal

Untuk menambahkan peta ke post Drupal, Anda dapat menyisipkan langsung kode embed di dalamnya. Namun, pastikan untuk mencari format editan “Full HTML” atau “Extended HTML”, karena jika Drupal tidak memungkinkan Anda untuk menggunakan tag <iframe>. Pergilah ke http://mapbox.com/help/#embedding_on_drupal untuk informasi lebih lanjut.

Ringkasan

Disini kita telah melihat cara sederhana untuk mengkostum sebuah peta dan menambahkannya ke dalam situs Anda. Pada bab selanjutnya kita akan melihat TileMill, aplikasi desktop yang memungkinkan Anda untuk menambahkan tampilan lebih kompleks ke peta Anda.

CC0
Official HOT OSM learning materials