Penggunaan GPS

Belajar mengedit adalah salah satu bagian terpenting dalam pemetaan - bagaimana cara menambahkan informasi ke peta sebenarya. Tetapi untuk tugas lainnya adalah mengumpulkan informasi itu sendiri - dengan pergi keluar dan mengamati daerah. Kita akan mempelajari beberapa metode untuk melakukan survey lapangan pada panduan ini.

Pada bagian ini kita akan melihat apa itu GPS dan bagaimana GPS bekerja. Anda akan mempelajari bagaimana mengoperasikan sebuah GPS, dan bagaimana menggunakannya untuk membuat peta.

Disini kita akan menjelaskan bagaimana mengoperasikan Garmin eTrex Vista HCx, sebuah GPS yang pada umumnya digunakan untuk pemetaan. Terdapat banyak model GPS lain yang dapat melakukan hal yang sama, jadi Anda bekerja dengan GPS yang berbeda, jangan khawatir - pada prinsipnya tetap sama.

Apakah yang dimaksud dengan GPS?

Sebuah GPS bekerja seperti ponsel, namun jika ponsel menerima sinyal radio dari perusahaan telepon, GPS menerima sinyal dari satelit yang mengelilingi bumi. Dengan menerima sinyal tersebut dari satelit, sebuah GPS dapat memperhitungkan dengan tepat posisi Anda di permukaan bumi. GPS merekam lokasi ini dalam bentuk koordinat, dimana terdapat dua buah nomor yang panjang. Satu nomor menunjukan sejauh mana posisi Anda dari Timur atau Barat – biasa disebut posisi bujur. Nomor yang kedua menunjukan sejauh mana posisi Anda dari Utara atau Selatan – biasa disebut garis lintang. Setiap tempat di bumi memliki koordinat geografis yang unik.

Sebagai contoh: -8.639298 Lintang, 116.311607 Bujur adalah sebuah lokasi di Lombok, Indonesia.

Google Earth software, showing coordinates of Lombok, Indonesia

Garmin eTrex Vista HCx

Menyalakan GPS

Sebelum Anda menyalakan GPS Anda, pergilah kelua dimana Anda dapat melihat langit dengan jelas. Karena GPS menentukan lokasi Anda dengan menerima sinyal dari satelit, GPS tidak akan bekerja di dalam ruangan.

Pada bagian bawah sisi kanan GPS Anda, tekan dan tahan tombol Power. GPS akan menyala, dan akan menunjukan Anda halaman Satelit. Anda harusnya dapat melihat sesuatu seperti pada gambar di bawah ini. GPS Anda sedang mencari sinyal satelit. Ketika sudah terhubung dengan tiga satelit atau lebih, GPS akan mendapatkan lokasi Anda.

GPS determined location

Setelah lokasi anda telah ditentukan, layar Satelit akan menghilang dan Anda akan melihat menu utama.

GPS main menu

Menavigasikan GPS

  • GPS memiliki layar yang berbeda dan menu yang dapat membuat Anda melakukan hal yang berbeda. Untuk memindahkan tampilan dari layar ke layar, tekan tombol yang bertanda “X”, tepat berada di atas tombol Power pada sisi kanan perangkat. Tombol ini juga berfungsi untuk kembali. Jika Anda menekan sesuatu karena kesalahan dan Anda menginginkan untuk membatalkan atau kembali ke menu sebelumnya, tekan tombol “X” kembali.
  • Dengan menekan tombol X, anda seharusnya dapat mengganti tampilan dari layar ke layar yang berbeda seperti ini:

    GPS all

  • Jika Anda kembali ke halaman Satelit, maka Anda akan dapat melihat bahwa Anda terhubung dengan tiga satelit atau lebih. Pada pojok kiri atas merupakan koordinat Anda, lintang dan bujur.
  • Ubah ke halaman Peta, dan Anda dapat melihat sebuah peta dimana Anda berada. Jika Anda telah menambahkan peta OSM pada GPS anda, anda dapat melihat jalan dan tempat. Selain itu, peta mungkin akan terlihat kosong. Perbesar dan perkecil dengan menekan tombol atas dan bawah pada sisi kiri GPS.

Trek dan Waypoints

GPS Anda merekam dua jenis informasi yang berguna untuk membuat peta atau menyimpan koordinat dari sebuah tempat. Pertama, GPS dapat menyimpan lokasi Anda pada memori GPS. Ketika Anda menyimpan sebuah lokasi, koordinat akan disimpan dengan sebuah nama. Sebagai contoh, titik pertama yang tersimpan oleh Anda akan diberi nama 001, kedua 002, dan seterusnya.

Jika GPS Anda tidak dimulai dari 001 dan Anda ingin menghapus
titik sebelumnya, pergilah ke ikon "Find" pada menu utama.
Tekan "waypoints" dan kemudian tombol submenu di bagian kanan
untuk menampilkan submenu Waypoint. Geser ke bawah untuk "Delete"
klik "all symbols" dan "Yes".

Ketika Anda menyimpan sebuah titik, Anda dapat menulis nomor tersebut pada selembar kertas, dengan sebuah catatan tentang titik apakah itu, atribut atau indikator apapun yang Anda ingin ketahui. Lokasi yang tersimpan di dalam GPS Anda disebut waypoints.

Kedua, GPS Anda dapat menyimpan apa yang disebut dengan trek. Ketika sebuah waypoint hanya menyimpan sebuah lokasi, sebuah trek akan menyimpan sebuah seri lokasi kemana pun Anda bergerak. Sebagai contoh, trek akan merekam lokasi Anda setiap satu detik, atau setiap satu meter, dan hasilnya akan berupa sebuah seri dari titik-titik yang menunjukan jalur lokasi dimana Anda pernah berada. Trek sangat berguna untuk memetakan objek yang ditunjukan oleh garis atau bentuk, seperti sebuah jalan, atau bentuk dari sebuah lapangan.

GPS path

Menyimpan Lokasi Anda

  • Untuk menyimpan lokasi Anda sebagai sebuah waypoint, klik tombol “X” hingga mencapai menu utama. Dengan menggunakan joystick, gerakan joystick hingga bagian “Mark” tersorot pada layar. Tekan tombol joystick ke bawah untuk membuka halaman “Save Waypoint”.

save location 1

  • Anda dapat melihat beberapa informasi tentang waypoint yang Anda simpan di halaman ini. Pertama adalah nama. Jika ini titik pertama Anda, Anda akan membaca “001”. Ini merupakan nomor yang harus Anda catat di kertas bersamaan dengan informasi yang Anda ingin kumpulkan pada obyek ini. Selanjutnya Anda akan melihat jam dan tanggal ketika titik tersebut direkam. Di bawahnya terdapat koordinat, diikuti dengan ketinggian.
  • Gunakan joystick untuk bergerak ke tombol “OK” pada bagian bawah layar. Tekan tombol joystick ke bawah untuk menyimpan titik ini. Yakinkan untuk menulis nomor titik, beserta keterangan tempat apakah itu dan berbagai informasi lainnya yang Anda ingin ketahui di dalam buku catatan Anda.

    save location 2

  • Tekan tombol “X” untuk menuju halaman peta. Anda seharusnya akan melihat titik Anda pada peta.

Menyalakan Track Log

  • Sekarang kita telah mempelajari bagaimana caranya untuk menyimpan titik, sekarang mari mempelajari bagaimana untuk menyalakan dan mematikan track log. Ketika track log dinyalakan, secara otomatis GPS akan merekam jalur Anda. Pada saat mulai memetakan, sebaiknya track log dinyalakan, dan dimatikan pada saat Anda telah selesai. Anda akan dapat melihat trek pada sebuah komputer dan melihat jalur yang telah Anda petakan. Jika Anda ingin memetakan jalur pada jalan raya, menyimpan sebuah waypoint pada permulaan dan akhir jalan, menuliskan nama dan tipe jalan, serta informasi penting lainnya tentang jalan tersebut pada buku catatan Anda adalah ide yang baik.
  • Untuk menyalakan track log, klik pada tombol “X” hingga Anda mencapai halaman yang bernama Track Log.

    turn on track

  • Jika Anda ingin mengosongkan track log untuk menghapus perekaman sebelumnya, gunakan joystick untuk memilih “Clear”, tekan joystick ke bawah. Pada bar yang terdapat di atas seharusnya terbaca “0%”
  • Untuk menyalakan track log, gerakan joystick untuk menyorot “On”, kemudian tekan joystick ke bawah. Track log sekarang merekam jalur Anda.
  • Tekan tombol “X” untuk menuju halaman peta. Selama Anda bergerak maka Anda akan melihat trek yang ditunjukan dengan titik-titik berseri.

Menyalin Waypoint dan Trek ke Komputer

Ketika Anda telah menyelesaikan pemetaan dengan GPS, Anda ingin menyalin waypoint dan trek ke komputer Anda kemudian Anda dapat membuka mereka di JOSM.

Salah satu cara untuk menyalin waypoint dan trek adalah Anda dapat menggunakan perangkat lunak gratis yang disediakan Garmin, bernama BaseCamp. Perangkat lunak ini dapat didownload disini. Namun, pada bab ini kita akan menggunakan sebuah program bernama GPSBabel, yang menawarkan beberapa fitur tambahan.

Menghubungkan GPS ke Komputer

  • Pertama, matikan track log pada GPS Anda, pergilah ke halaman trek dan memilih “Off”.
  • Menghubungkan GPS ke komputer Anda dengan kabel. Salah satu ujung kabel terhubung ke port USB komputer Anda, dan ujung lainnya dihubungkan ke belakang GPS, tertutup karet di bagian atasnya. GPS seharusnya dinyalakan untuk menyalin waypoint dan trek.

Menginstal Driver GPS

  • Anda mungkin perlu untuk melakukan instalasi driver GPS pada komputer Anda. Anda dapat mendownload driver ini di Situs Garmin
  • Klik “Download” untuk mendapatkan file instalasi. Letakan file tersebut pada komputer Anda, dan klik dua kali untuk menginstal.
  • Jika Anda tidak dapat mendownload dari situs Garmin, Anda juga dapat mendownload driver disini.
Sistem Linux (seperti Fedora) tidak membutuhkan driver khusus untuk berkomunikasi
dengan perangkat Garmin (seperti eTrex Vista HCx). Hanya memastikan bahwa Garmin
Anda telah terisi energi dan hubungkan ke dalam komputer Anda dengan kabel USB.
Anda dapat menggunakan GPSBabel (seperti yang diinstruksikan di bawah) atau GpsPrune
untuk mengambil data yang tersimpan dari GPS Anda.

Pengaturan Program GPSBabel

  • GPSBabel adalah program yang dapat kita manfaatkan untuk menyalin data dari GPS. Jika Anda mempunyai sebuah salinan GPSBabel pada CD atau flashdisk, Anda dapat melanjutkan ke bab selanjutnya.
  • Jika Anda belum mempunyai GPSBabel, buka browser internet Anda dan pergi ke www.gpsbabel.org
  • Klik “Downloads” pada bagian atas halaman.
  • Gulir ke bawah halaman. Jika komputer Anda menggunakan Windows, Anda akan mendownload file instalasi utuk Windows. Klik “GPSBabel-1.4.2-Setup.exe”. File akan didownload ke dalam komputer Anda.

Melakukan Instalasi GPSBabel

  • Cari file pengaturan GPSBabel pada komputer Anda. Klik dua kali untuk menginstall.
  • Klik “Next”.
  • Klik “I accept” dan “Next”.
  • Lanjutkan dengan mengklik “Next” hingga program terinstal.
  • Ketika program telah selesai menginstal, klik “Finish” untuk memulai GPSBabel.

GPSBabel Interface

Menyalin Trek dan Waypoint

  • Klik pada lingkaran dengan kata “Device” disampingnya pada bagian atas jendela.
  • Pada menu daftar pilihan yang berlabel “Format”, pilih “Garmin serial/USB protocol”
  • Pergi ke bawah pada pertengahan jendela, di bawah Output. Pada menu dropdown yang berlabel “Format”, pilih “GPX XML”:

Choose GPX XML

  • Klik “File Name” dan ketik sebuah nama untuk menyimpan file Anda. Nama tersebut sebaiknya dapat mendeskripsikan tentang data GPS, misalnya tanggal dan lokasi. Contoh: jakarta-07-07-2011
  • Pastikan GPS Anda terhubung dengan komputer dalam keadaan menyala.
  • Klik “Apply” pada bagian pojok kanan bawah jendela.
  • Jika semua berjalan dengan lancar seharusnya Anda akan melihat sebuah bar yang bergerak pada layar, menandakan bahwa data sedang diterima dari GPS. Ketika sudah selesai, waypoint dan trek Anda akan disimpan ke dalam file yang Anda pilih.

Membuka Waypoint dan Trek di JOSM

  • Sekarang buka JOSM. Pada menu bagian atas, klik “File” dan kemudian klik “Open…”  
  • Cari dan pilih file yang telah Anda buat dengan GPSBabel. Klik “Open”
  • Anda seharusnya dapat melihat waypoint dan trek Anda termuat pada JOSM.

GPS Files Open in JOSM

Ringkasan

Selamat! Anda sekarang telah mendapatkan pemahaman bagaimana menggunakan GPS. Jika belum, cobalah untuk melatih menyimpan titik dari beberapa lokasi yang menurut Anda penting.

Pada bab ini kita telah mempelajari bagaimana mengumpulkan waypoint dan trek dan membuka mereka di JOSM. Nantinya, kita akan menggunakan informasi ini untuk menambahkan tempat baru ke OpenStreetMap.

Pada bab selanjutnya, kita akan mempelajari mengenai metode survey yang berbeda, yang dikenal sebagai Field Papers. Ini memungkinkan Anda untuk membuat peta tanpa membutuhkan sebuah GPS!

CC0
Official HOT OSM learning materials